-->

Pengembangan SPK (Sistem Pendukung Keputusan: DSS)

Pengembangan SPK (Sistem Pendukung Keputusan: DSS)


KONSEP DASAR (SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN)

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) (Inggris: decision support systems disingkat DSS) Merupakan sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan, baik kemampuan memecahkan masalah maupun mengkomunikasikan untuk masalah semi terstruktur Sistem Pendukung Keputusan merupakan pengembangan lebih lanjut dari Sistem Informasi Manajemen Terkomputerisasi (Computerized Management Information System).

Sudirman dan Widjjani (1996), mengemukakan ciri-ciri Sistem Pendukung Keputusan yang dikemukakan oleh Alters Keen, sebagai berikut:
  • Ditujukan untuk membantu keputusan-keputusan yang kurang terstruktur dan umumnya dihadapi oleh para top management
  • Merupakan gabungan model kualitatif dan kumpulan data
  • Memiliki fasilitas interaktif utk komunikasi manusia-komputer
  • Bersifat luwes/fleksibel utk menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi


PERKEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN

Menciptakan gagasan-gagasan Sistem Pendukung Keputusan bagi kelompok, eksekutif dan organisasi. Sudirman & Widjajani (1996); menguraikan perkembangan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) menjadi:
  1. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Kelompok (Group Decision Support System/GDSS)  Suatu sistem berbasis komputer yang interaktif untuk membantu didalam mencari solusi dari permasalahan-permasalahan tidak terstruktur bagi kelompok pengambil keputusan yang bekerja bersama-sama
  2. Sistem Pendukung Keputusan Eksekutif (Executive Information System/EIS) Suatu sistem yang harus bersifat fleksibel yaitu dengan membuat prototipe, yang harus ditentukan terlebih dahulu kebutuhan informasi para eksekutif dengan metodologi Critical Success Factor (CSF)
  3. Sistem Pendukung Keputusan Organisasi (Organization Decision Support System/ODSS) Suatu sistem dengan pendekatan formal, terstruktur, besar, kompleks dan membutuhkan pemrograman secara sistematik. Ada 4 Fase: Strukturisasi, Kerangka Pengembangan Sistem, Proses Iteratif dan Implementasi Sistem.
Lalu bagaimana cara Membangun Sistem Pendukung Keputusan?
cara Membangun Sistem Pendukung Keputusan ada beberapa macam diantaranya:
  • Tingkat Teknologi Sistem Pendukung Keputusan
  • (Daur Hidup) Proses Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan
  • Pendekatan Konstruksi Sistem Pendukung Keputusan

yang selanjutkan akan dibahas lebih dalam satu pembahasan khusus.

You Might Also Like:

Share this:

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, Anda sudah membantu kami untuk tetap membuat website ini terus menayangkan konten.

Cara mendukungan kami: Silahkan simak artikel berikut ini.


Don't show again click here.