Sort Code, IBAN dan BIC/SWIFT BANK

Sort Code, IBAN dan BIC/SWIFT BANK

Apabila Anda berurusan dengan transfer uang antar bank lintas negara Anda akan bertemu dengan istilah SWIFT/BIC dan IBAN. Kalau Anda transfer uang lewat bank secara domestik/lokal di negara tertentu, seperti di Inggris atau Irlandia, Anda perlu Sort Code.

Apa itu SWIFT/BIC, IBAN, dan Sort Code?

SWIFT/BIC 

SWIFT adalah kode khusus untuk merujuk  salah satu bank yang ada di seluruh dunia. Nama lainnya adalah Bank Identifier Code (BIC). Formatnya:
AAAA BB CC DDD
AAAA = Kode bank
BB = Kode negara
CC = Kode bank pusat
DDD = Kode bank cabang (opsional)

Contoh SWIFT/BIC untuk Bank Central Asia (BCA) kantor pusat di Indonesia adalah CENAIDJA.
Untuk daftar lengkap kode-kode SWIFT silahkan lihat di sini.

IBAN

IBAN singkatan dari International Bank Account Number. Ini nomor akun untuk transaksi terima uang secara internasional, namun tidak menggantikan no akun bank standar Anda. saya sempat membaca di suatu forum, ada orang yang kebingungan. Banknya yang di Perancis meminta nomor IBAN dari akun pacarnya, sementara pacarnya yang di Indonesia mendapat info dari bank, bahwa rekeningnya tidak memiliki IBAN.
Apakah semua akun bank di Indonesia sudah tersedia IBAN?

Untuk transaksi internasional, bank di Indonesia menggunakan swift code. Namun sayangnya kebanyakan bank di Uni Eropa mewajibkan sesama anggota IBAN untuk melakukan transaksi.

IBAN digunakan perbankan di Uni Eropa yang bertujuan untuk lebih memudahkan transaksi karena masing-masing bank akan mempunyai code unik untuk menghindari kesalahan/error dalam pengeksekusian transaksi.

IBAN terdiri atas : 

kode negara ISO3166-1alpha-2 + kk + kode domestik bank yang bersangkutan.
Contoh IBAN untuk sebuah bank dinegara Andhora : ADkk BBBB SSSS CCCC CCCC CCCC. 
AD = kode negara untuk Andhora,
KK = wajib,
BBBB = kode bank,
SSSS = sort code,
CCCC = rekening bank.

Menurut beberapa artikel bahwa kode IBAN untuk BCA adalah DE51501108006231601664.
Jika kita amati kode negaranya adalah DE yang merupakan ISO3166-1 alpha-2 untuk negara Jerman, sedangkan kode negara Indonesia adalah ID. Usut punya usut ternyata kode DE51501108006231601664 adalah IBAN milik bank JPMorgan Frankfurt yang merupakan bank koresponden BCA untuk mata uang EURO. Jadi bukan IBAN milik BCA, sehingga harus lebih detail menjelaskan pada saat transaksi :
IBAN for BCA with JPMorgan Frankfurt (BIC CHASDEFX) : DE51501108006231601664.
Bagaimana untuk Bank lain ? kita harus coma ngobrol sama Customer Service, kita tanya, Jika customer servicenya ngotot bahwa bank mereka tidak menggunakan IBAN, lanjutkan pertanyaan dengan menanyakan “apa bank ini punya bank koresponden di uni eropa? Kalo ada, bisa minta detail bank tersebut, IBAN, BIC, dan Swift Code?” Pasti ada.

Kalo mereka gak punya data detail bank koresponden nya, tanyakan pada si mbah Google. Yang penting bank tersebut berkedudukan di Uni Eropa.

Tidak hanya di Asia saja, namun nasabah perbankan di USA pun sering dibuat bingung dengan regulasi perbankan Uni Eropa tersebut yang kelihatan ingin/ambisius sekali agar EURO menjadi dominasi mata uang dunia.

Untuk lebih jelasnya mengenai Iban ini, dapat dibaca disitus PNC.com

The requirement (IBAN) is mandated for payment origination that is cross border in the European Economic Area. Payments originating outside this region, in areas such as North America or Asia, are not mandated to include an IBAN.

Sort Code

Sort Code adalah kode identifikasi bank. Istilah lainnya adalah Branch Clearing Code dan Rounting Number. Bank-bank seperti di Inggris dan Irlandia memerlukan kode ini untuk transfer uang antar bank di dalam negeri.

Namun demikian kode ini juga digunakan untuk transfer uang dari luar negri untuk bank-bank yang tidak memiliki IBAN.
IBAN biasa di minta saat anda membuat account Payoneer yang terdapat sebuah form yang menanyakan tentang branch clearing code.

mungkin untuk para online shop atau pebisnis yang ada di indonesia yang menjual produnya keluar negeri, cukup hanya dengan menggunakan SWIF/BIC (saya menggunakan BIC untuk BANK BCA).

cukup sekian dan terima kasih banyak . semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Share this:

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, Anda sudah membantu kami untuk tetap membuat website ini terus menayangkan konten.

Cara mendukungan kami: Silahkan simak artikel berikut ini.


Don't show again click here.