-->

apt-get update, upgrade dan dist-upgrade

apt-get update, upgrade dan dist-upgrade


Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Linux yang menjadi dasar atau pondasi dari sebuah sistem operasi ataupun aplikasi enterprise lainnya yaitu update. apakah sistem operasi yang berjalan baik OS windows, linux maupun OS andoid sudah terupdate dengan versi terbaru, kenapa harus menggunakan yang terupdate karena para depelover akan terus menerus mengupdate dan menambahkan vitur terbaru ataupun membuatnya menjadi Elite agar para User tetap setia menggunakannya.

kembali ke topik pembahasan. apt-get update, upgrade dan dist-upgrade adalah hal yang pertama dilakukan saat setelah install Linux selesai. tujuannya agas Sistem Operasi tidak mengalami Crash atau Error. lalu apa perbedaannya apt-get update, upgrade dan dist-upgrade pada linux?

Menurut Istilah 


  • Update digunakan hanya untuk refresh isi program pada repositori
  • Upgrade digunakan untuk eksekusi dari update
  • Dist-Upgrade digunakan untuk menaikan versi kernel dan lain-lain yang berhubungan dengan Operasi Sistem



Lengkapnya

apt-get update

Update merupakan pembaharuan yang dirancang untuk memperbaiki masalah dengan memperbaharui sebuah program komputer atau penambahan data pendukung,termasuk juga memperbaiki kelemahan-kelemahan (bug) dan meingkatkan kegunaan atau kinerjanya.

apt-get upgrade

Upgrade digunakan untuk menginstal versi terbaru dari semua paket saat ini yang diinstal pada sistem dari sumber-sumber yang disebutkan dalam /etc/apt/sources.list. Paket yang terinstal akan di-upgrade dengan versi baru yang tersedia; dengan keadaan paket saat ini yang terinstal atau paket yang belum diinstal diambil dan diinstal. Versi baru dari paket yang terinstal yang tidak dapat di-upgrade tanpa mengubah status install dari paket lain akan tetap pada versi mereka saat ini. Update harus dilakukan terlebih dahulu agar apt-get tahu bahwa terdapat versi baru dari paket yang tersedia.

apt-get dist-upgrade

dist-upgrade di samping melakukan fungsi upgrade, juga secara cerdas menangani perubahan ketergantungan paket dengan versi baru, apt-get memiliki "cerdas" sistem resolusi konflik, dan akan mencoba untuk meng-upgrade paket yang paling penting dengan mengorbankan yang kurang penting jika diperlukan. Jadi, perintah dist-upgrade dapat menghapus beberapa paket. File / etc / apt / sources.list berisi daftar lokasi untuk memulai mengambil file paket yang diinginkan.

sekian artikel pada kesempatan kali ini agar supaya kita tidak salah dalam update, upgrade dan dist-upgrade pada Linux. terima kasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Share this:

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, Anda sudah membantu kami untuk tetap membuat website ini terus menayangkan konten.

Cara mendukungan kami: Silahkan simak artikel berikut ini.


Don't show again click here.