Recording Windows 10 Tanpa Aplikasi

Recording Windows 10 Tanpa Aplikasi


Windows 10 hadir dengan lebih banyak fitur. Baik fitur yang terkenal seperti Cortana hingga fitur yang mungkin jarang dikenal orang. Salah satu fitur yang jarang dikenal orang adalah Game Bar.

Apa itu Game Bar? Game Bar adalah salah satu fitur dalam bentuk shortcut yang hadir di Windows 10. Dengan Game Bar, kita punya berbagai macam shortcut seperti shortcut ke aplikasi Game hingga merekam game yang kita mainkan.

Game Bar secara default bisa dibuka dengan kombinasi WIN+G. Jika kamu tekan WIN+G tidak muncul, penyebabnya adalah kamu harus membuka game dahulu baru menekan WIN+G. Game yang bisa direkam bukan cuma game dari Windows Store ataupun game berlabel Xbox Live, tapi game desktop semacam Pro Evolution Soccer alias PES juga bisa.

Terdapat 5 shortcut dalam Game Bar, yaitu : Xbox App, Record, Screen Capture, Start Recording, dan Setting. Xbox App berfungsi untuk jalan pintas ke aplikasi Xbox. Record akan secara langsung merekam tampilan secara background. Fitur ini masih mati secara default sehingga harus diaktifkan manual melalui setting. Screen Capture berfungsi sebagai mengambil gambar tampilan. Start Recording berfungsi untuk merekam secara manual (tidak otomatis seperti fitur Record). Terakhir adalah setting yang menampilkan semua pengaturan.

Cara penggunaan


  • cara menggunakannya sangat sederhana buka aplikasi atau game atau apapun kegiatan yang inigin anda rekam. 
  • setelah terbuka, kemudian tekan Start Recording. Proses perekaman akan dimulai. 
  • Pada bagian kanan atas akan terlihat keterangan berwarna merah bahwa proses perekaman sedang berlangsung. 
  • Klik untuk menghentikan rekaman. 
  • Hasil rekaman secara default disimpan di folder Video.

Sebenarnya Game Bar ini bisa merekam semua aplikasi, bukan cuma game. Sebagai contohnya adalah saya merekam aktivitas pengetikan di Google Chrome ini. Namun bila yang direkam bukan game, maka aplikasi akan bertanya dulu sebelum membuka Game Bar.

Bagaimana? Sederhana bukan? Apakah kamu sudah pernah menggunakannya? Atau malah menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk merekam game? atau mungkin belum pernah tahu? mari kita coba. semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Share this: