-->

Tips In Trick Menghemat Battery Smartphone

Tips In Trick Menghemat Battery Smartphone


Apakah anda mengisi ulang daya smartphone dua atau tiga kali dalam satu hari??

Pertanyaan diatas sebenarnya mungkin tidak akan pernah ada dan memang seharusnya tidak pernah ada. karena pada dasarnya Saat ini mayoritas smartphone dilengkapi dengan daya batetry yang cukup besar dan beragam kapasitas yang cukup besar serta di padukan dengan berbagai aplikasi bawaan battery saver pada smartphone atau dengan aplikasi yang beragam yang dapat diambil dari Google Play secara gratis maupun berbayar dengan satu fungsi dan tujuan untuk menghemat daya battery pada smartphone. Kehabisan baterai pada momen-momen penting terkadang memang menyebalkan dan sangat tidak diharapkan. Namun, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai.

Berikut ini adalah berbagai cara, tips dan trik agar battery smartphone bisa bertahan lama dengan aman yang mungkin bisa dijadikan jawaban untuk pertanyaan diatas,

  1. Balanced Mode Pergi ke pengaturan --> pengaturan tambahan--> baterai--> pengaturan Power dan Aktifkan modus seimbang.
  2. Wifi Pergi ke pengaturan--> WiFi--> Advanced Settings--> matikan pemindaian wifi yang tersedia. Juga mencoba untuk menjaga WiFi ketika tidak di gunakan.
  3. GPS Pergi ke pengaturan lokasi dan matikan GPS bila tidak sedang digunakan. Atau Anda dapat menggunakan GPS pada baterai mode hemat(aplikasi bawaan dari smartphone).
  4. Mobile Data Hindari menggunakan mobile data internet ketika Anda benar-benar tidak membutuhkannya. Ini adalah salah satu faktor utama di balik saluran baterai berat karena MObile data akan terus mencari signal yang tepat untuk digunakan lokasi tersebut selain itu mematikan mobile data dapat menghemat biaya bulanan anda.
  5. Auto Brightness / Adaptive Brightness Jangan menggunakan Auto Brightness atau Adaptive Brightness. Fungsi dari Auto Brightness / Adaptive Brightness sangat bagus tetapi itu akan menggunakan kecerahan lebih banyak dari yang Anda benar-benar butuhkan. Ini adalah salah satu cara utama untuk menghemat masa pakai baterai karena layar adalah salah satu yang mengkonsumsi baterai terbesar. Jadi cobalah untuk menyesuaikan kecerahan sesuai kebutuhan Anda secara manual jangan menggunakan auto. 
  6. Vibratations & Sounds Hindari penggunaan Vibratations & Sounds seperti ada Vibratations & Sounds saat anda menyentuh smartphone, getar di touch, touch suara, layar kunci suara, suara dan getaran dll. hanya gunakan Vibratations & Sounds untuk notifikasi yang menutrut anda penting.
  7. Tingkat kecerahan Cobalah untuk menjaga tingkat kecerahan yang nyaman. gunakan setting yang pass tidak terlalu redup tidak terlalu terang.
  8. Aplikasi Auto-Start Cobalah untuk membatasi aplikasi yang memulai otomatis pada sistem boot. Banyak aplikasi yang memulai pada latar belakang yang berjala tanpa diketahui dan akan mengkonsumsi lebih banyak baterai cadangan. 
  9. 2G, 3G, 4G Jika Anda berada pada lokasi yang tidak tersedia sinyal 4G jangan memaksakan menggunakan 4G, cobalah menggunakan 3G. jika signal 3G tidak memungkinkan untuk digunakan. silakan coba untuk berada dalam 2G saja. Jaringan 3G dan 4G membutuhkan banyak konsumsi baterai.
  10. widget & Live Wallpaper Cobalah untuk menggunakan wallpaper statis dan janagan menggunakan live Wallpaper. dan jangan menggunakan widget terlalu banayk pada layar utama seperti widget cuaca, jam, kalender disarankan untuk menggunakan widget pada layar utama seminimal mungkin.
  11. Hindari area signal jaringan yang buruk Jika Anda berada di sebuah area dengan jaringan selular yang buruk, smartphone akan bekerja lebih keras untuk mencari signal dari yang buruk menuju sinyal kuat-cukup. Ini memiliki efek buruk pada konsumsi baterai.
  12. Sleep Timeout Cobalah untuk mengatur Sleep Timeout seperti dalam 30 detik atau dala satu menit. Jangan bairkan layar menyala ketika tidak di gunakan.
  13. Auto Sync Menonaktifkan auto-sinkronisasi untuk akun Google dan akun lainnya. Jika perlu atur auto-sinkronisasi setiap 1 atau 2 jam, pergi ke pengaturan --> Google account dan menonaktifkan auto-sync untuk aplikasi tersebut Anda tidak perlu terus-menerus diperbarui atau sinkronisasi.
  14. Matikan Fitur OK Google "OK Google" pencarian suara Google adalah fitur fantastis dan sangat fungsional. Masalahnya adalah jika fitur itu aktif terus menerus maka hal itu dapatmenyebabkan baterai terkuras habis lebih cepat. Kenapa bisa begitu? Karena fitur ini akan selalu mendengarkan perintah dari sobat meskipun ponsel android dalam keadaan tidur (sleep). Jika tidak menggunakan fitur tersebut atau hanya menggunakanya jika diperlukan coba untuk di non-aktifkan. Masuk ke "aplikasi Penelusuran suara". Pilih setelan --> Suara --> Lalu Pilih "deteksi Ok Google" Dalam menu ini, untuk mendapatkan daya tahan baterai yang lebih lama, non aktifkan semua pilihan. Tetapi jika anda adalah penggemar dari "Ok Google", Aktifkan hanya "Dari aplikasi Google" yang terletak di bagian atas sendiri, agar OK Google masih bisa mendengarkan perintah saat sobat masuk di aplikasi Google.
  15. Aplikasi  Beberapa aplikasi yang dapat juga digunakan untuk meningkatkan baterai cadangan:
  • Wakelock Detector [Root]: Anda dapat dengan mudah mencari tahu mana apps membuat telepon Anda terjaga dan menguras baterai Anda ketika itu siaga!
  • kernel Adiutor (ROOT): Itu dapat men-tweak dan memantau hal-hal seperti CPU, GPU, termal, bangun kontrol dll.
  • ThunderZap kontrol: dapat juga digunakan untuk memonitor hal-hal seperti CPU, GPU, bangun kontrol dll.
Cukup sekian Tips dan Trick Menghemat Battery Smartphone , semoga bermanfaat silahka berdiskusi dengan baik dengan cara memilih cara berdiskusi dibawah ini.

You Might Also Like:

Share this:

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, Anda sudah membantu kami untuk tetap membuat website ini terus menayangkan konten.

Cara mendukungan kami: Silahkan simak artikel berikut ini.


Don't show again click here.