-->

mencetak photo atau gambar berkualitas tinggi

mencetak photo atau gambar berkualitas tinggi




tips dan trick mencetak Photo atau gambar dengan kualitas tinggi dengan printer Epson. Ada 5 hal yang mempengaruhi kualitas hasil cetak photo anda:

Dalam artikel ini Jagoan Printer akan memberikan tips cara mencetak Photo berkualitas tinggi dengan printer Epson. Ada 5 hal yang mempengaruhi kualitas hasil cetak photo anda:
  • Kualitas gambar yang akan anda cetak 
  • Kualitas printer 
  • Kualitas kertas yang digunakan 
  • Kualitas tinta 
  • Printer set up 

Kualitas Gambar atau Photo

Anda membutuhkan gambar digital yang bagus jika anda ingin hasil cetak photo anda terlihat bagus. Jangan khawatir, jika anda memiliki kamera 3 megapixel atau ebih maka anda sudah bisa mendapatkan gambar digital yang cukup baik.

Kualitas Printer

Jika anda sudah memiliki gambar digital yang bagus, selanjutnya periksa printer anda. Jika terdapat kata “photo” di namanya, itu menunjukkan bahwa printer tersebut sangat cocok digunakan untuk mencetak photo. Hal lain yang perlu dilihat adalah jumlah kartrid warna yang digunakan
Empat kartrid (black, cyan, magenta, yellow) merupakan basic printer
Enam kartrid (seperti diatas, ditambah light cyan dan light magenta) merupakan photo printer berkualitas  Lebih dari enam kartrid ( seperti diatas, ditambah light black, gloss, dll) merupakan top quality photo printer.
Hasil cetak photo masing-masing printer berbeda, tentunya hasil cetak printer dengan enam kartrid akan lebih baik dibandingkan dengan printer dengan 4 kartrid.Kualitas

Kertas Yang Digunakan

Kertas HVS biasa tidak akan memberikan hasil cetak photo yang baik. Anda harus menggunakan kertas yang memang didesain untuk mencetak photo seperti glossy atau coated photo paper. Kelemahan dari penggunaan kertas ini adalah harganya yang lebih mahal namun dapat menghasilkan hasil cetak photo yang jauh lebih baik. Selain itu Epson juga pasti mengeluarkan produk kertas yang sesuai dengan printer mereka. Jika anda menginginkan hasil cetak yang benar-benar sempurna anda dapat menggunakan kertas produksi dari Epson.

Kualitas Tinta

Jika anda menginginkan hasil cetak yang benar-benar sempurna anda harus menggunakan tinta original Epson. Kelemahannya adalah harganya yang mahal. Alternatif lainnya jika anda ingin yang lebih murah adalah dengan menggunakan tinta third-party. Hasil cetaknya tidak jauh berbeda dengan tinta original printer namun harganya lebih murah.

berikut ini ada beberapa tips untuk dicoba silahkan disimak dengan baik:

  • Yang perlu anda lakukan pertama kali adalah buka file photo anda dari software editing seperti Photoshop, Microsoft Photo Editor atau Microsoft Paint. Untuk mencetak klik “File”, kemudian pilih “Print”, kemudian klik “Preferences”.



Screenshot yang tampil adalah seperti gambar diatas, 3 pilihan yang perlu anda perhatikan adalah:
  • Paper Type : jenis kertas yang anda gunakan, untuk hasil yang baik pilihan ini harus sesuai dengan kertas yang akan anda gunakan. 
  • Quality Option : Kualitas cetak yang akan anda gunakan untuk mencetak. Semakin tinggi kualitasnya maka proses mencetak akan lebih lama. Untuk hasil cetak photo yang berkualitas pilih pilihan kualitas yang terbaik yaitu “Best Photo”. 
  • Print Option : Beberapa pilihan perlakuan terhadap gambar digital yang akan dicetak. Untuk menghasilkan photo yang berkualitas beri tanda ceklist pada pilihan “Photo Enhance”. 



  • Setelah itu cek orientasi yang anda gunakan sesuai dengan gambar digital anda apakah “potrait” atau “landscape”. Setelah semuanya selesai klik tombol “Print”.
cukup sekian artikel tentang cara mencetak photo atau gambar berkualitas tinggi semoga bermanfaat untuk anda yang ingin menggunakan sebagai referensi. terima kasih

You Might Also Like:

Share this:

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, Anda sudah membantu kami untuk tetap membuat website ini terus menayangkan konten.

Cara mendukungan kami: Silahkan simak artikel berikut ini.


Don't show again click here.